Sosialisasi dan Pemanfaatan Rumah Belajar di SMPN Satap Tapparang

        


Sub Tema yang kami angkat dari  Kelompok kami di kaitkan dengan kearifan lokal yaitu Golla Kambu (Go Obrolan edukatif, kreatif, asyik, menarik dan berbudaya Bersama Rumah Belajar.) Golla Kambu merupakan makanan tradisional dari Prov sulawesi barat yang terbuat dari beras ketan, kelapa parut dan gula merah yang mempunyai rasa manis yang khas . Dengan rasa manis yang khas itu dapat menarik banyak minat dari berbagai kalangan . Sama halnya denga Rumah belajar dengan berbagai macam fitur-fitur yang menarik dan kekinian akan bisa banyak menarik minat dari berbagai kalangan terutama pelajar dan pendidik untuk dijadikan sarana dalam pembelajaran. 


SOSIALISASI DAN PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR DI SMPN SATAP TAPPARANG

SMPN Satap Tapparang adalah sekolah menengah pertama yang berada di Dusun Tapparang Desa Taramanu Tua, Kecamatan Tubbi Taramanu, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.  SMP Satap Tapparang sendiri terletak di daerah Dataran Rendah berbukit dan dikelilingi rumah warga, sarana ibadah yaitu mesjid. Akses jalan darat yang dapat ditempuh menuju SMPN Satap Tapparang melewati jalan bebatuan lepas, tanah licin dan sebagian jalanan yang sdh di cor dan akses jaringan telepon/internet masih sangat sulit untuk didapatkan. SMPN Satap Tapparang juga termasuk dalam sekolah yang terletak pada daerah terpencil lebih kurang 50 km dari pusat kabupaten.

                                                                                                            SMPN SATAP TAPPARANG

Awal saya mengetahui adanya Pembatik ini adalah melalui media sosial dimana sangat banyak teman guru yang membagikan informasi mengenai pembatik ini baik melalui Facebook maupun Whatsapp. Disitulah saya mulai tertarik untuk mengikuti pembatik level 1 yang dimulai pada 05 mei-22 mei 2021 yang diikuti kurang lebih 2500 orang khususnya dari provinsi Sulawesi Barat, setelah menunggu pengumuman selama satu minggu muncullah pengumaman nama-nama yang lulus untuk mengikuti Pembatik Tahap 2 dan Alhamdulillah saya salah satu orang yang beruntung untuk lanjut ke tahap 2. Ditahap ke 2 (implementasi) dimulai pada tanggal 29 mei-12 juni 2021 yang dimana kita diberi tugas untuk mengoptimialisasikan pembelajaran TIK. Lai-lagi Saya menunggu pengumuman untuk menuju tahap 3 lumayan lama kurang lebih 3 bulan, setelah bulan september saya tidak menyangka saya akan lulus untuk mengikuti tahap 3 yang dimulai tgl 07 september-23 september. Ditugas tahap 3 ini kita dituntut untuk lebih kreatif lagi dengan membuat multimedia pembelajaran interaktif dan menurut saya tugas itu tidak mudah karena hal baru bagi saya yang tidak mempunya basic informatika dalam penggunaan aplikasi untuk membuat media pembelajaran. Tapi itu tidak mengurangi semangat saya untuk mengerjakan tugas tahap 3 ini yaitu membuat media pembelajaran dengan belajar otodidak memanfaatkan konten para kreator di Youtube, bersyukur saya  berhasil membuat multimedia pembelajaran interaktif.

Pada suatu hari tepatnya pada hari sabtu tanggal 23 oktober 2021 handphone saya berdering, muncul nomor yang saya tidak kenal lalu saya mengangkatnya dan ternyata yang menelpon adalah Duta Rumah Belajar 2018 yang memberitahukan bahwa saya lulus tahap 3 dan masuk ke tahap 4. Sungguh saya tidak menduga karena persaingan untuk masuk tahap 4 ini sangatlah tidak mudah dimana saya bersaing dengan guru-guru yang pastinya sudah berpengalaman dan mempunyai kretifitas yang tinggi. Dari 44 orang yang lulus tahap 3 untuk Provinsi Sulawesi Barat, Saya terpilih masuk dalam 30 besar Sahabat rumah belajar Provinsi Sulawesi Barat itu sungguh sangat membanggakan dan membahagiakan untuk saya pribadi dimana ini kali pertama saya ikut kegiatan Pembatik dan bisa sampai tahap ke 4 menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya.

Pada tahap ke 4 (Berbagi dan berkolabrasi) kita diberi tugas untuk membuat vlog, blog dan melakukan sosialisasi pemanfaatan fitur rumah belajar.

Pada tahap sosialisasi saya melakukan sosialisasi pada guru-guru dan siswa tentang portal rumah belajar mulai dari cara download, cara login sampai dengan menjelaskan fitur-fitur yang terdapat di Rumah belajar 

1. Sosialisasi dengan guru-guru


2. Sosialisasi dengan siswa



3. Pemanfaatan Rumah Belajar 

    Saya merupakan guru belajar IPS, Fitur Rumah belajar yang saya manfaatkan adalah Sumber Belajar dengan model pembelajaran Discovery inquiry learning. Dimana peserta didik diminta merumuskan suatu masalah dan memecahakan sendiri masalah tersebut secara berkelompk tentunya dengan bimbingan guru. Cara saya memanfaatkan sumber belajar disekolah saya yang jaringan telpon/internet tidak tersedia adalah dengan mendwonload terlebih dahulu materi yang ada di Sumber belajar sesuai materi ajar yang akan saya bawakan tentunya ditempat jaringan internet yang stabil. Setelah sampai disekolah saya menyediakan laptop dan membuka hasil download saya dan menyajikan materinya didepan siswa.

Menyajikan pembelajaran dengan sumber belajar



                                                        Mempresentasikan hasil diskusi

Terima kasih kepada PUSDATIN atas kesempatan yang berikan kepada saya untuk bisa sampai di level 4 pembaTik 2021. Ini merupakan kesempatan yang langka dan tentunya kesempatan ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya pribadi. 

SALAM RUMAH BELAJAR

BELAJAR DIMANA SAJA
KAPAN SAJA
DAN DENGAN SIAPA SAJA 











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Belajar

Coaching hari 2 PembaTik Level 4 Tahun 2021

Kearifan lokal di Coaching hari 1 PembaTik level 4 tahun 2021